Upsss..mungkin Anda salah mengetikan alamat URL, yang Anda tuju saat ini http://editag.blogspot.com. Klik disini untuk menuju ke http://edittag.blogspot.com

Friday, August 04, 2006

Blogger : Hide your Profile

Profile sebagai kesatuan utuh dalam sebuah blog di blogger mempunyai opsi untuk ditampilkan atau disembunyikan.Usaha mencapai hal ini pun memiliki 2 konsekwensi.Pertama membutuhkan perubahan setting di dalam dashboard.Sisanya perlu edit sedikit dibagian templatenya.

Ada baiknya sedikit mengungkap alasan dibalik keinginan menampilkan dan meniadakan tautan profile di blognya.Ini lebih ke alasan pribadi, karena prinsipnya blogger hanya menyediakan pilihan.Beberapa rekan ingin menyembunyikan profile agar menyembunyikan identitas pribadinya diketahui pihak luar (tentu alasan yang mudah ditebak kan?).Ada pula yang tak ingin blog lainnya dalam akun dia dilihat karena berbagai pertimbangan.Masih inget kan ada beberapa rekan blogger yang menambahkan blog dalam akun untuk menyempurnakan kategori di blog defaultnya.Atau ada pula yang sekedar memiliki blog untuk keperluan pribadi tanpa perlu diekpos banyak pihak.

Ok, akan kita lanjutkan disini.

1. Menghilangkan blog lain dalam daftar blog kita saat Profile kita dibuka.
Kondisi ini ditemui oleh rekan Blogger yang memiliki lebih dari 1 blog dalam akunnya.
Blog Edittag dan agushery berada dalam satu akun blogger.Jadi misalnya bila blog agushery ingin tidak tampil dalam daftar blog maka kita tinggal masuk ke dashboard,lalu pilih .Maka kita akan dibawa ke halaman edit user profile.Dan cari bagian show my blogs dan perhatikan tautan .Muncul pemberitahuan , untuk itu lanjutkan dengan mengklik tautan select Blogs to Display tadi.Dihalaman selanjutnya akan muncul .Pilih blog yang kita kehendaki tidak ditampilkan di profile kita dengan mengosongkan box disebelah kiri title blog.

2. Menghilangkan profile blog dalam template.
Kita akan menggunakan tag yang biasa digunakan oleh Javascript untuk memberikan komentar.Cari dan temukan nama variable <$BlogMemberProfile$>Lalu kita tutup dengan tag <!-- dan -->.


<!-- Begin #profile-container -->
<!-- <$BlogMemberProfile$> -->
<!-- End #profile -->


Dengan pemberian kode <!-- dan --> diantara BlogMemberProfile maka template kita akan memberitahukan ke browser untuk tidak mengeksekusi perintah membuka tautan
Profile.Save dan publish templatenya.dan lihat hasilnya.